SILABY DAN SATUAN ACARA
PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah : Metodologi Dakwah
Program : Sarjana (S-1)
Jurusan/Semester : KPI/ II
Bobot : 2 sks
Dosen : Eunis Khoerunnisa, M.Ag
Email : euniskhoerunnisa30@gmail.com
Tlp/HP :
087822281983
I. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini
mempelajari tentang metode-metode dakwah. Tujuan utamanya agar mahasiswa
mengenal, memahami dan mampu memilih serta mengaplikasikan ragam metode dakwah
dalam melaksanakan dakwah.
Untuk tujuan
termaksud, mata kuliah ini mengembangkan
topik-topik inti yang meliputi, pengertian, sumber dan landasan metodologi
dakwah, ruang lingkup metodologi dakwah, per-kembangan metodologi dakwah,
metode-metode dakwah (dari segi media, kelompok sasaran, materi dan segi
teknik), standar dan kriteria pemilihan metode, model-model penerapan metode
dakwah, analisis metode-metode dakwah, dan pembahasan tentang fungsi metodologi
dakwah dalam pengembangan ilmu dakwah.
Mata
Kuliah ini akan sangat membantu mahasiswa untuk:
1. Meningkatkan kemampuan memahami
konsep-konsep dakwah dalam al-Quran, al-Hadits dan dalam fenomena sosial di
masa lalu, kontemprer dan yang akan datang;
2. Meningkatkan daya analisa secara
metodologis untuk menentukan dan menemukan metode dakwah yang sesuai dengan
kebutuhan masyarakat yang di dakwahi (mad’u);
3. Memahami berbagai pendekatan, kaidah dan
prinsip dakwah;
4. Mampu melakakukan penelitian akademik
sesuai metodologi dakwah;
5. Menjadi calon da’i yang memahami metodologi dakwah secara komprehensif dan
memiliki karakteristik khusus.
II. Peta Konsep

III. Capaian Hasil Pembelajaran
Pada akhir semester diharapkan mahasiswa memiliki
pengetahuan, sikap dan keahlian dalam menganalisis, memahami dan meneliti ragam
metode dakwah yang tepat sesuai dengan minat dan kebutuhan dakwah. Setelah mempelajari
mata kuliah ini diharapkan mahasiswa siap dan mampu menjadi ilmuan dakwah dan
calon da’i profesional sesuai dengan metode yang dipilih berdasar hasil
penelitian, kajian dan analisis secara metodologis.
IV. Kemampuan Akhir
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa mampu untuk:
- Menjelaskan
tentang anatomi ilmu dakwah sesuai dengan konsep pohon ilmu dakwah;
- Menjelaskan
kembali pengertian, sumber, landasan dan sumber filosofis metodologi
dakwah yang bersumber dari al-Quran dan sumber lainnya;
- Mengetahui
asal muasal dan pendekatan metodologi dakwah secara ontologi, epistemologi
dan aksiologi serta hubungannya dengan ilmu dakwah;
- Mengetahui,
membedakan dan memberi contoh macam-macam metode dakwah rasul, sahabat,
dan pelanjutnya serta memahami rujukan pendekatan metodologi dakwah
perspektif sosio antropologi dan normatif, serta perkembangan metode
dakwah bermedia;
- Mengetahui
dan memahami tentang pendekatan metodologi dakwah Analisis Sistem Dakwah, Reflektif
dan Historis, Riset Dakwah Partisipatif dan Riset Kecenderungan Gerakan
Dakwah;
- Mengetahui
dan memahami tentang pendekatan metodologi dakwah istinbath, iqtibas, istiqra dan turunannya;
- Mengetahui
dan memahami tentang mabadi’ ’asrah sebagai landasan metodologi
dakwah menurut ulama salafiyah;
- Mengeksplorasi,
menemukan dan menjelaskan ragam metode dakwah dalam al-Quran dan al-Hadits;
- Mengeksplorasi,
menemukan dan menjelaskan ragam metode dakwah dalam fenomena sosial;
- Memperagakan
dan membedakan model-model penerapan metode dakwah dalam berbagai konteks;
V. Bahan dan Tugas Perkuliahan
Selama perkuliahan, dosen akan memberikan bahan
tambahan sylabus (additional syllaby) yang berupa hand out, buku
sumber, media elektronik, dan sumber yang didatangkan, selain itu juga
mahasiswa akanmendapatkan tugas-tugas terstruktur yang dilakukan sesuai dengan
kontrak belajar.
VI. Strategi (Metode) Pembelajaran
Perkuliahan ini akan
dilakukan dengan berorientasi pada keaktipan belajar mahasiswa (active
learning) dalam perkuliahan atau bisa disebut dengan istilah student centre. Dengan strategi yang
terkandung di dalamnya diharapkan dapat lebih menggugah kesadaran (afeksi) dan
emosi mahasiswa untuk terstimulasi dalam mengeksplorasi, meneliti, menemukan
dan memperagakan salahsatu dari sekian banyak ragam metode dakwah yang
diketahui. Strategi-strategi yang akan digunakan antara lain: Brain Storming, Team Quiz, Poster Comment,
Poter Session, Info Search, Reading Guide, Active Debate, Pro-Contra, SWOT
Analysis, Focus Group Discuss dan Running Text Analisis.
VII. Materi Perkuliahan
Selama satu semester (16 peretemuan aktif)
mahasiswa akan mendapatkan materi perkuliahan sebagai berikut:
1. Kuliah pengantar: Kontrak belajar dan peta
konsep Metodologi Dakwah
2. Anatomi ilmu dakwah;
3. Mabadi
’asrah
4. Pengertian, sumber dan landasan Metodologi
Dakwah
5. Ruang lingkup Metodologi Dakwah
6. Pendekatan Metodologi Dakwah normatif
7. Pendekatan Metodologi Dakwah sosio
kultural
8. Ujian Tengah Semester
9. Prinsip metode dakwah bersadarkan Al-Qur’an
dan Al-Hadist
10. Fungsi Metodologi dakwah dalam
pengembangan dakwah
11. Standar dan kriteria pemilihan metode
dakwah
12. Ragam metode dakwah
13. Perkembangan metode dakwah
14. Model-model penerapan metode dakwah
15. Analisa dan evaluasi penerapan metode
dakwah
16. Ujian Akhir Semester
VIII. Skenario Belajar
Pert
|
TOPIK INTI
|
SUB POKOK BAHASAN
|
1.
|
Kuliah Pengantar
|
1.
Perkenalan
2.
Urgensi mempelajari
metodologi dakwah
3.
Peta Konsep Metodologi
Dakwah
4.
Kontrak belajar
|
2.
|
Anatomi Ilmu Dakwah
|
1.
Dakwah bi ahasan al-qaul; dimesi dan
turunannya.
2.
Dakwah bi ahsan
al Hal; dimensi dan turunannya
3.
Struktur keilmuwan dakwah
|
3.
|
Mabadi ’asrah
|
1.
Al-haddu
2.
Al-mawdlu
3.
Al-tsamrah
4.
Al-fadl
5.
Al-nisbat
6.
Al-wadi’
7.
Al-ism
8.
Al-istimdad
9.
Al-hukm syari’,
10. Al-masail
|
4.
|
Pengertian, sumber dan landasan Metodologi Dakwah
|
1.
Pengertian secara
etimologis
2.
Pengertian secara
terminologis
3.
Sumber filosofis, normatif
dan praktis
|
5.
|
Ruang lingkup Metodologi Dakwah
|
|
6.
|
Pendekatan Metodologi Dakwah normatif
|
1.
Istinbath,
2.
Iqtibas
3.
Istiqra’
|
7.
|
Pendekatan Metodologi Dakwah sosiokultural
|
1.
Analisis sistem dakwah
2.
Reflektif
3.
Historis
4.
Riset dakwah partisipatif
5.
Riset kecenderungan
gerakan dakwah
|
8.
|
Ujian Tengah
Semester (UTS)
|
Materi
pertemuan k 1 sampai pertemuan k 7
|
9.
|
Prinsip Metode Dakwah Berdasarkan Al-Qur’an dan Al- Hadist
|
1.
Metode dakwah dalam Al-Qur’an
2.
Metode dakwah dalam
Al-Hadist
|
10.
|
Fungsi Metodologi dakwah dalam pengembangan ilmu dakwah
|
1. Fungsi metodologi dakwah
2. Peran metodologi dakwah terhadap pengembangan keilmuan dakwah
3. Mencari inovasi dakwah berdasarkan penelitian di lapangan
|
11.
|
Standar dan kriteria pemilihan metode dakwah
|
1. Latar belakang (analisis SWOT)
2. Solusi metodologi
3. Cara berargumentasi para Nabi
|
12.
|
Ragam metode dakwah
|
1.
Al-Hikmah dan turunannya
2.
Al-Mau’idzah al-hasanah dan
turunannya
3.
Al-Mujadalah dan turunannya
|
13.
|
Perkembangan metode dakwah
|
1.
Metode dan media dakwah di
zaman para nabi dan rosul;
2.
Metode dan media dakwah di
zaman Rasulullah dan para sahabat;
3.
Metode dan media dakwah di
zaman ulama salafiyyah;
4.
Metode dan media dakwah di
zaman para wali;
5.
Metode dan media dakwah di
zaman pembaharuan Islam.
|
14.
|
Model-model penerapan metode dakwah
|
1.
Skenario pelaksanaan
2.
Metodologi dakwah
berdasarkan analisis SWOT
|
15
|
Analisa dan evaluasi penerapan metode dakwah
|
1. Menganalisa ragam metode dakwah masa kini
2. Mengevaluasi kelebihan dan kelemahan ragam metode dakwah
|
16
|
Ujian Akhir Semester (UAS)
|
Materi
pertemuan ke 8 sampai dengan pertemuan ke 15
|
IX. Pengalaman Belajar
Kuliah ini
diperkaya dengan kreasi metode pembelajaran yang memadu antara materi dengan
variasi metode dakwah yang relevan. Hal ini diharapkan dapat berorientasi pada
proses, hasil dan produk kuliah dalam bentuk karya ilmiah akademis dari
salahstu model metode dan media dakwah. Diskusi kelas merupakan presentasi
kelompok dari makalah terpilih yang memenuhi kriteria keunikan tematik,
pembahasan dan analisa yang tajam. Sementara itu, penulisan makalah merupakan
upaya mengasah kemampuan analitis mahasiswa secara individual. Selain itu,
untuk mendapatkan tambahan dalam pengalaman belajar mata kuliah ini, mahasiswa juga diminta untuk mencermati setiap
ayat-ayat al-Quran, al-Hadits dan fenomena social untuk diciptakan metode
dakwah yang relevan.
X. Daftar Pustaka
1. Abdurrahman Abdul Kholik, Metode dan
Strategi Dakwah Islam, Bandung, Pustaka Setia, 2002.
2. Aep Kusnawan, Dimensi-dimensi Ilmu
Dakwah, Widya Padjadjaran, 2009
3. Asep Muhyiddin,Metode Pengembangan
Dakwah, Bandung, Pustaka Setia, 2002.
4. Ahmad Faiz, Thariqud Da’wah fi Dhilalil
Qur’an, 1977Amin Ahsan Islahi, Metode Dakwah Menuju Jalan Allah,
1985
5. Amrullah Ahmad, Dakwah Islam dan
Perubahan Sosial, 1983
6. Ali
Aziz, Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana, 2013
7. Ali Makhfudh, Hidayatul Mursyidin.
8. Ahmad Faiz, Tariqu al-Da’wah fi dilalil
Qur’an.
9. Al-Qathani, Dakwah Islam Dakwah Bijak. Jakarta: Gema Insani Press, 1994.
10. Amin Ahsan Islahi, Metode Dakwah Menuju
Jalan Allah..
11. Andy Dermawan, dkk (ed), Metodologi
Ilmu Dakwah, LESFI, 2002
12. Ali Mahmud, Dakwah Fardiyah,
Jakarta, GIP, 1995
13. Ali
Mustafa Yaqub, Sejarah & Metode
Dakwah Nabi, Jakarta, Pustaka Firdaus, 2008.
14. Irfan
Hielmy, Dakwah bi al-Hikmah, Yogyakarta,
Mitra Pustaka, 2002
15. M Jakfar Puteh, Dakwah di Era
Globalisasi, AK Group, Yogyakarta, 1993.
16. Munir Muhammad al-Ghadhban, Al-Manhaj
al-Haraki li al-Sirah al-Nabawiyah.
17. Munzier Suparta (ed), Metode Dakwah,
Kencana, Jakarta, 2006
18. M. Natsir, Fiqhud Dakwah, DDII,
1978
19. Nanih M.& Aep Kusnawan, Teknik
Debat Dalam Islam, Pustaka Setia, Bandung, 2003.
20. Nashir Bin Sulaiman, Al-Hikmah, Pustaka
Hidayah, Bandung, 1995
21. Rabi Ibn Hadi al-Madhkali, Manhajul
Anbiya fi Da’wah ilallah fihi al-hikmah
wa aql.
Ciamis, 27 Februari 2015
Dosen Pengampu
Eunis Khoerunnisa, M.Ag
Tidak ada komentar:
Posting Komentar