JURUSAN/ PRODI : KPI/S1
NAMA MATA KULIAH : Ulumul Hadits
KODE MATA KULIAH : KDA 0002
DIBERIKAN PADA SEMESTER : I (GANJIL)
BOBOT SKS : 2 SKS
STATUS MATA KULIAH : KOMPETENSI DASAR
DOSEN PENGAMPU : Eunis
Khoerunnisa, M.Ag
SEKOLAH TINGGI ILMU DAKWAH (STID) SIRNARASA
CIAMIS – JAWA BARAT
2014
SATUAN ACARA
PEKULIAHAN (SAP)
Program Studi :
Komunikasi Penyiaran Islam
Nama Mata Kuliah :
Ulumul Hadits
Kode Mata Kuliah :
KDA 0002
Bobot :
2 SKS
Diberikan pada Semester :
I (Ganjil)
Status :
Mata Kuliah Kompetensi Dasar
Dosen Pengajar : Eunis
khoerunnisa, M.Ag
Standar Kompetensi :
Setelah mengikuti perkuliahan ulumul hadits, mahasiswa
memiliki pengetahuan, pengertian, & pemahaman tentang konsep-konsep dalam
Ilmu Hadits dan kegunaannya dalam studi Islam, mampu menguraikan sejarah
perkembangan Hadits, mampu menganalisis kualitas Hadits yang dapat dijadikan
sebagai sumber ajaran Islam, dan mampu menelusuri Hadits melalui Kitab-kitab
aHadits.
NO.
|
TM KE
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
POKOK BAHASAN DAN SUB POKOK BAHASAN
|
STRATEGI/ METODE
|
MEDIA/ SARANA BELAJAR
|
EVALUASI/
PENILAIAN
|
RUJUKAN
|
1
|
I
|
Mahasiswa memahami aturan main perkuliahan
|
-
Mengetahui
manfaat dari mata kuliah Ulumul Hadits
-
Memahami aturan perkuliahan
|
Kontrak perkuliahan
1.
Manfaat Mata
Kuliah
2.
Deskripsi
Mata Kuliah
3.
Standar
Kompetensi
4.
Kompetensi
Dasar
5.
Strategi
Perkuliahan
6.
Sumber
Kepustakaan
7.
Tugas
8.
Kriteria
Penilaian
9.
Materi
Pembelajaran
|
Ceramah dan Tanya
Jawab (CTJ)
|
Silabuas
|
|
|
2
|
II
|
Mahasiswa dapat mengetahui definisi, memahami struktur pembentuk
hadits, dan bisa menjelaskan urgensi Hadits
|
1.
Mengetahui
Definisi Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar
2.
Mampu
menjelaskan Struktur pembentuk Hadits (Sanad dan Matan)
3.
Mampu
menjelaskan Urgensi Hadits dalam studi Islam
|
Pengertian Hadits dan kegunaannya dalam studi Islam
|
Ceramah dan Tanya
Jawab (CTJ)
|
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus
|
- Proses
(aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz
(mult-ple choice test)
|
Kitab /Buku 1-5
|
3
|
III
|
Mahasiswa dapat
Memahami fungsi Hadits terhadap al-Qur’an, dan dapat Mengetahui
sejarah perkembangan Hadits
|
Memahami fungsi hadits terhadap
al-Qur’an
|
1.
Dalil
kehujjahan Hadits
2.
Fungsi Tafsir
Hadits terhadap al-Qur’an; (Taqrir, Taqyid, Tafshil,
Takhsis, Tasyri’)
|
Ceramah dan Tanya
Jawab (CTJ)
|
- Buku sumber / rujukan
White board/
infocus
|
- Proses
(aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz
(mult-ple choice test)
|
Kitab /Buku 1-5
|
4
|
IV
|
Mahasiswa
dapat mengetahui Sejarah Perkembangan Hadits
|
1.
Menjelaskan perkembangan Hadits
2.
Mampu
menjelaskan beberapa periode
perkembangan Hadits
|
Sejarah Perkembangan Hadits, membahas:
Sejarah
Hadits Prakodifikasi:
-
Hadits pada
periode Rasul
-
Sahabat
dan
-
Tabi’in
|
Ceramah dan Tanya
Jawab (CTJ)
|
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus
|
- Proses
(aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz
(mult-ple choice test)
|
Kitab /Buku 1-5
|
5
|
V
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan sejarah pengumpulan Hadits
|
Menjelaskan
pengumpulan Hadits pada tiga periode
|
Masa
Pengumpulan dan Kodifikasi Hadits
1.
Pada masa Nabi
2.
Sahabat
3.
Tabi’in
|
Ceramah dan Tanya
Jawab (CTJ)
|
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus
|
- Proses
(aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz
(mult-ple choice test)
|
Kitab /Buku 1-5
|
6
|
VI
|
Mahasiswa
mengetahui macam-macam Hadits dari segi kualitas dan kuantitas
|
1.
Menjelaskan pembagian Hadits menurut
kualitasnya
2.
Mampu menjelaskan pembagian Hadits menurut
kuantitasnya
|
Pembagian Hadits dari segi Kuantitas dan Kualitas sanad,
membahas:
1.
Mutawatir
2.
Masyhur
3.
Ahad
4.
Shahih
5.
Hasan
6.
Dloif
|
Ceramah dan Tanya
Jawab (CTJ)
|
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus
|
- Proses
(aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz
(mult-ple choice test)
|
Kitab /Buku 1-5
|
7
|
VII
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan Hadits shahih, dan syarat-syaratna
|
Mampu
menjelaskan Hadits shahih
|
Syarat-syarat Hadis Sahih, membahas:
1.
Sanad
bersambung
2.
Rawi ‘adil
3.
Rawi Dhabit
4.
Tidak Janggal
5.
Tidak
ada Illat
|
Ceramah dan Tanya
Jawab (CTJ)
|
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus
|
- Proses
(aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz
(mult-ple choice test)
|
Kitab /Buku 1-5
|
8
|
VIII
|
Ujian Tengan Semester
|
|
|
|
|
|
|
9
|
IX
|
Mahasiswa dapat memahami seluk beluk perrawi
|
1.
Dapat menyebutkan syarat-syarat dalam penerimaan
hadits
2.
Penyampaian Hadits dan shigatnya
|
Syarat-syarat seorang perawi dan proses transmisi, membahas:
1.
Syarat dalam
penerimaan hadis (tahammul)
2.
Syarat dalam
penyampaian hadis (ada’)
3.
Shighot dalam
proses tahammul wal ada’ dan kualitas persambungannya
|
Ceramah dan Tanya
Jawab (CTJ)
|
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus
|
- Proses
(aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz
(mult-ple choice test)
|
Kitab /Buku 1-5
|
10
|
X
|
Mahasiswa dapat memahami Hadits Maudhu’
|
1.
Dapat menjelaskan Hadits maudhu’
2.
Mengetahui ciri-ciri dan penyebab Hadits maudhu’
|
Hadits maudhu’
|
Ceramah dan Tanya
Jawab (CTJ)
|
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus
|
- Proses
(aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz
(mult-ple choice test)
|
Kitab /Buku 1-5
|
11
|
XI
|
Memahami hal-hal yang berkaitan dengan
Rijalil Hadits
|
1. Dapat memahami
ilmu rijalil hadits
2. Mampu mengaplikaskan ilmu rijalil
hadits
|
Ilmu Rijalil Hadits, membahas:
1.
Pengertian
Ilmu Rijalil Hadits
2.
Urgensi Ilmu Rilajil
Hadits dalam studi Hadits
3.
Contoh
aplikasi Ilmu Rijalil Hadits
|
Ceramah dan Tanya
Jawab (CTJ)
|
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus
|
- Proses
(aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz
(mult-ple choice test)
|
Kitab /Buku 1-5
|
12
|
XII
|
Mahasiswa dapat memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan
ilmu jarh wa ta’dil
|
1.
Mampu menjelaskan ilmu jarh wa ta’dil
2.
Bisa mengaplikasikan ilmu jarh wa ta’dil
|
Ilmu Jarh wa Ta’dil, membahas:
1.
Pengertian
Ilmu Jarh wa Ta’dil
2.
Urgensi Ilmu Jarh
wa Ta’dil dalam studi Hadits
3.
Contoh
aplikasi Ilmu Jarh wa Ta’dil
|
Ceramah dan Tanya
Jawab (CTJ)
|
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus
|
- Proses
(aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz
(mult-ple choice test)
|
Kitab /Buku 1-5
|
13
|
XIII
|
Mahasiswa dapat memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan
asbabul wurud
|
Mampu menghafal dan mengetahui prngrrtian dan urgensi asbabul
wurud
|
Ilmu Asbabul Wurud, membahas:
1.
Pengertian
Ilmu Asbabul Wurud
2.
Urgensi
Ilmu Asbabul Wurud dalam studi Hadits
3.
Contoh aplikasi
Ilmu Asbabul Wurud
|
Ceramah dan Tanya
Jawab (CTJ)
|
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus
|
- Proses
(aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz
(mult-ple choice test)
|
Kitab /Buku 1-5
|
14
|
XIV
|
|
|
Takhrij Hadits, membahas:
1.
Pengertian takhrij hadits
2.
Manfaat takhrij al-Hadits
3.
Cara
melaksanakan takhrij al-Hadits
|
Ceramah dan Tanya
Jawab (CTJ)
|
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus
|
- Proses
(aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz
(mult-ple choice test)
|
Kitab /Buku 1-5
|
15
|
XV
|
Mahasiswa dapat memahami semua materi yang sudah diberikan
|
|
Riview
|
Ceramah dan Tanya
Jawab (CTJ)
|
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus
|
|
Materi 1-14
|
16
|
XVI
|
UAS
|
|
|
|
|
|
|
III. EVALUASI
1. Porto-folio (Tugas Terstruktur, Tugas mandiri,
Quiz, Presentasi/ Diskusi, dll.) :
(60 %)
2. Ujian Tengah Semester (UTS) : (15 %)
3.
Ujian Akhir
Semester (UAS) :
(25 %)
IV. REFERENSI
Muhammad Ajjaj Al Khatib, U¡ul al-Hadis Ulumuha wa
Mus¯alahuhu,Beirut: Dar al Fikr, 1989
T.M. Hasbi as Shiddiqiey, Pokok-pokok Dirayah Hadits, Jakarta
Bulan Bintang, 1954
------------, Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits,
Jakarta: Bulan Bintang, 1988
Taqiyuddin Al-Nadawi Al-Mazahahiri (alih bahasa: M. Anton
Athoillah) Transmisi Hadits, Bandung, SAHIFA, 2009
Tajul Arifin, Ulumul Hadits, Bandung, Gunung Djati Press
2012
Bandung, Oktober 2014
Dosen Pengampu
Eunis Khoerunnisa, M.Ag
Tidak ada komentar:
Posting Komentar