Jumat, 24 Oktober 2014

SAP Ulumul Hadits



JURUSAN/ PRODI                           : KPI/S1
NAMA MATA KULIAH                  : Ulumul Hadits
KODE MATA KULIAH                   : KDA 0002
DIBERIKAN PADA SEMESTER   : I (GANJIL)
BOBOT SKS                                      : 2 SKS
STATUS MATA KULIAH               : KOMPETENSI DASAR
DOSEN PENGAMPU                       : Eunis Khoerunnisa, M.Ag   
                                                           
             


SEKOLAH TINGGI ILMU DAKWAH (STID) SIRNARASA
CIAMIS – JAWA BARAT
2014

SATUAN ACARA PEKULIAHAN (SAP)
Program Studi                               : Komunikasi Penyiaran Islam
Nama Mata Kuliah                        : Ulumul Hadits 
Kode Mata Kuliah                                    : KDA 0002
Bobot                                            : 2 SKS
Diberikan pada Semester              : I (Ganjil)
Status                                            : Mata Kuliah Kompetensi Dasar
                  Dosen Pengajar                            : Eunis khoerunnisa, M.Ag


Standar Kompetensi                : 
Setelah mengikuti perkuliahan ulumul hadits, mahasiswa memiliki pengetahuan, pengertian, & pemahaman tentang konsep-konsep dalam Ilmu Hadits dan kegunaannya dalam studi Islam, mampu menguraikan sejarah perkembangan Hadits, mampu menganalisis kualitas Hadits yang dapat dijadikan sebagai sumber ajaran Islam, dan mampu menelusuri Hadits melalui Kitab-kitab aHadits.


NO.

TM KE

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

POKOK BAHASAN DAN SUB POKOK BAHASAN

STRATEGI/ METODE

MEDIA/ SARANA BELAJAR

EVALUASI/
PENILAIAN

RUJUKAN

1

I
Mahasiswa memahami aturan main perkuliahan


-          Mengetahui manfaat dari mata kuliah Ulumul Hadits
-          Memahami aturan perkuliahan

Kontrak perkuliahan
1.      Manfaat Mata Kuliah
2.      Deskripsi Mata Kuliah
3.      Standar Kompetensi
4.      Kompetensi Dasar
5.      Strategi Perkuliahan
6.      Sumber Kepustakaan
7.      Tugas
8.      Kriteria Penilaian
9.      Materi Pembelajaran


Ceramah dan Tanya Jawab (CTJ)

Silabuas





2



II

Mahasiswa dapat mengetahui definisi, memahami struktur pembentuk hadits, dan bisa menjelaskan urgensi Hadits
1.      Mengetahui Definisi Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar
2.      Mampu menjelaskan Struktur pembentuk Hadits (Sanad dan Matan)
3.      Mampu menjelaskan Urgensi Hadits dalam studi Islam


Pengertian Hadits dan kegunaannya dalam studi Islam
Ceramah dan Tanya Jawab (CTJ)
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus

- Proses (aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz  (mult-ple choice test)
Kitab /Buku 1-5


3


III

Mahasiswa dapat Memahami fungsi Hadits terhadap al-Qur’an, dan dapat Mengetahui sejarah perkembangan Hadits

Memahami fungsi hadits terhadap
 al-Qur’an

1.      Dalil kehujjahan Hadits
2.      Fungsi Tafsir Hadits terhadap al-Qur’an; (Taqrir, TaqyidTafshil, Takhsis, Tasyri’)


Ceramah dan Tanya Jawab (CTJ)
- Buku sumber / rujukan
White board/ infocus

- Proses (aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz  (mult-ple choice test)

Kitab /Buku 1-5


4


IV

Mahasiswa dapat mengetahui Sejarah Perkembangan Hadits

1.      Menjelaskan perkembangan Hadits
2.      Mampu menjelaskan beberapa periode perkembangan Hadits

Sejarah Perkembangan Hadits, membahas:
Sejarah Hadits Prakodifikasi:
-          Hadits pada periode Rasul
-          Sahabat dan
-          Tabi’in


Ceramah dan Tanya Jawab (CTJ)
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus

- Proses (aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz  (mult-ple choice test)

Kitab /Buku 1-5


5


V

Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah pengumpulan Hadits

Menjelaskan pengumpulan Hadits pada tiga periode

Masa Pengumpulan dan Kodifikasi Hadits
1.      Pada masa Nabi
2.      Sahabat
3.      Tabi’in

Ceramah dan Tanya Jawab (CTJ)
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus

- Proses (aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz  (mult-ple choice test)
Kitab /Buku 1-5

6

VI

Mahasiswa mengetahui macam-macam Hadits dari segi kualitas dan kuantitas


1.      Menjelaskan pembagian Hadits menurut kualitasnya

2.      Mampu menjelaskan pembagian Hadits menurut kuantitasnya


Pembagian Hadits dari segi Kuantitas dan Kualitas sanad, membahas:
1.       Mutawatir
2.      Masyhur
3.      Ahad
4.      Shahih
5.      Hasan
6.       Dloif


Ceramah dan Tanya Jawab (CTJ)
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus

- Proses (aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz  (mult-ple choice test)
Kitab /Buku 1-5

7

VII

Mahasiswa mampu menjelaskan Hadits shahih, dan syarat-syaratna

Mampu menjelaskan Hadits shahih

Syarat-syarat Hadis Sahih, membahas:
1.      Sanad bersambung
2.      Rawi ‘adil
3.      Rawi Dhabit
4.      Tidak Janggal
5.      Tidak ada Illat

Ceramah dan Tanya Jawab (CTJ)
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus

- Proses (aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz  (mult-ple choice test)
Kitab /Buku 1-5
8
VIII
Ujian Tengan Semester







9

IX

Mahasiswa dapat memahami seluk beluk perrawi
1.      Dapat menyebutkan syarat-syarat dalam penerimaan hadits
2.      Penyampaian Hadits dan shigatnya
Syarat-syarat seorang perawi dan proses transmisi, membahas:
1.      Syarat dalam penerimaan hadis (tahammul)
2.      Syarat dalam penyampaian hadis (ada’)
3.      Shighot dalam proses tahammul wal ada’ dan kualitas persambungannya

Ceramah dan Tanya Jawab (CTJ)
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus

- Proses (aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz  (mult-ple choice test)
Kitab /Buku 1-5
10
X
Mahasiswa dapat memahami Hadits Maudhu’
1.      Dapat menjelaskan Hadits maudhu’
2.      Mengetahui ciri-ciri dan penyebab Hadits maudhu’
Hadits maudhu’
Ceramah dan Tanya Jawab (CTJ)
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus

- Proses (aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz  (mult-ple choice test)
Kitab /Buku 1-5
11
XI
Memahami hal-hal yang berkaitan dengan Rijalil Hadits
1.      Dapat memahami ilmu rijalil hadits
2.      Mampu mengaplikaskan ilmu rijalil hadits
Ilmu Rijalil Hadits, membahas:
1.      Pengertian Ilmu Rijalil Hadits
2.      Urgensi Ilmu Rilajil Hadits dalam studi Hadits
3.      Contoh aplikasi Ilmu Rijalil Hadits

Ceramah dan Tanya Jawab (CTJ)
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus

- Proses (aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz  (mult-ple choice test)
Kitab /Buku 1-5
12
XII
Mahasiswa dapat memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu jarh wa ta’dil
1.      Mampu menjelaskan ilmu jarh wa ta’dil
2.      Bisa mengaplikasikan ilmu jarh wa ta’dil
Ilmu Jarh wa Ta’dil, membahas:
1.      Pengertian Ilmu Jarh wa Ta’dil
2.      Urgensi Ilmu Jarh wa Ta’dil dalam studi Hadits
3.      Contoh aplikasi Ilmu Jarh wa Ta’dil

Ceramah dan Tanya Jawab (CTJ)
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus

- Proses (aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz  (mult-ple choice test)
Kitab /Buku 1-5

13

XIII

Mahasiswa dapat memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan asbabul wurud
Mampu menghafal dan mengetahui prngrrtian dan urgensi asbabul wurud
Ilmu Asbabul Wurud, membahas:
1.      Pengertian Ilmu Asbabul Wurud
2.      Urgensi  Ilmu Asbabul Wurud dalam studi Hadits
3.      Contoh aplikasi Ilmu Asbabul Wurud

Ceramah dan Tanya Jawab (CTJ)
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus

- Proses (aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz  (mult-ple choice test)
Kitab /Buku 1-5
14
XIV


Takhrij Hadits, membahas:
1.      Pengertian takhrij hadits
2.      Manfaat takhrij al-Hadits
3.      Cara melaksanakan takhrij al-Hadits

Ceramah dan Tanya Jawab (CTJ)
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus

- Proses (aktivitas menyimak dan dinamika tanya jawab)
- Quiz  (mult-ple choice test)
Kitab /Buku 1-5
15
XV
Mahasiswa dapat memahami semua materi yang sudah diberikan

Riview
Ceramah dan Tanya Jawab (CTJ)
- Buku sumber / rujukan
White board
/ infocus


Materi 1-14
16
XVI
UAS






III. EVALUASI

1.    Porto-folio (Tugas Terstruktur, Tugas mandiri, Quiz, Presentasi/ Diskusi, dll.)                            : (60 %)
2.    Ujian Tengah Semester (UTS)                                                                                                       : (15 %)
3.    Ujian Akhir Semester  (UAS)                                                                                                        : (25 %)

 

IV. REFERENSI


Muhammad Ajjaj Al Khatib, U¡ul al-Hadis Ulumuha wa Mus¯alahuhu,Beirut: Dar al Fikr, 1989
T.M. Hasbi as Shiddiqiey, Pokok-pokok Dirayah Hadits, Jakarta Bulan Bintang, 1954
------------, Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits, Jakarta: Bulan Bintang, 1988
Taqiyuddin Al-Nadawi Al-Mazahahiri (alih bahasa: M. Anton Athoillah) Transmisi Hadits, Bandung, SAHIFA, 2009
Tajul Arifin, Ulumul Hadits, Bandung, Gunung Djati Press 2012



Bandung, Oktober 2014
Dosen Pengampu


Eunis Khoerunnisa, M.Ag     


















Tidak ada komentar: